Tandukan Zinedine Zidane di Piala Dunia 2006

Tandukan Zinedine Zidane di Piala Dunia 2006

Zinedine Zidane merupakan seorang mantan pesepak bola Perancis keturunan Aljazair yang berposisi sebagai gelandang penyerang. Memulai karier sebagai pemain di klub AS Cannes hingga pensiun di Real Madrid. Ia pensiun dari sepak bola klub pada tahun 2006 dan pensiun dari Tim nasional Perancis setelah Piala Dunia 2006.

Tandukan Zinedine Zidane

Zinedine Zidane

Tandukan Zinedine Zidane

Final Piala Dunia FIFA 2006 antara timnas Italia dan timnas Perancis menyisakan kejadian fenomenal. Zidane menanduk bek tim nasional Italia Marco Materazzi pada menit ke 110’ di Stadion Olimpiade Berlin, Jerman. Sebabnya adalah ucapan Materazzi yang menghina Zizou.

Awalnya berita yang beredar, saat itu Zinedine Zidane marah karena Materazzi menghina ibunya. Ibu dari Materazzi sendiri sudah meninggal saat usianya masih 15 tahun.

Pertikaian dimulai saat Materazzi menarik jersey Zidane lalu Zidane mengatakan “jika kamu menginginkan baju saya, nanti akan saya kasih setelah pertandingan selesai”, Materazzi menjawab dengan nada mengejek “saya lebih suka pelacur seperti adikmu daripada pakaianmu”

Karena sedang emosi, Zinedine Zidane menyundul Marco Materazzi hingga Zizou mendapat kartu merah oleh wasit asal Argentina Hiracio Elizondo. Zidane dan Materazzi merupakan bintang dari laga puncak tersebut. Zizou juga yang menjadi kapten timnas Perancis pada masa itu.

Zidane dan Materrazi sama-sama mencetak gol pada final Piala Dunia 2006 tersebut. Zizou berhasil mengeksekusi pinalti di menit ke 7’ sedangkan sundulan Materazzi membuat skor imbang 1-1 pada menit 19’. Alhasil laga dilanjutkan dengan adu pinalti yang dimenangkan timnas Italia dengan skor 5-3. David Trezeguet gagal menyarangkan bola karena tendangannya hanya mengarah ke mistar gawang yang dijaga Gianluigi Buffon.

Related Post

Be the first to comment on "Tandukan Zinedine Zidane di Piala Dunia 2006"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*