Sardar Azmoun, Lionel Messi dari Iran

Lionel Messi dari Iran

Sardar Azmoun adalah pesebakbola Iran yang banyak dijuluki Lionel Messi dari Iran. Azmoun lahir pada 1 Januari 1995 di Gonbad e-Kavus, Iran. Azmoun adalah pemain sepak bola yang berposisi sebagai penyerang.

Lionel Messi dari Iran

Lionel Messi dari Iran

Sardar Azmoun, Lionel Messi dari Iran

Sardar Azmoun mulai bermain sepak bola ketika berusia 9 tahun. Ia memulai karirnya di Oghab Gonbad yang merupakan klub sepak bola kelahirannya. Azmoun juga sempat bermain bola voli dan diundang ke tim nasional bola voli U-15 Iran. Setelah beberapa tahun, ia bergabung Shamoushak Gorgan setelah itu bergabung Etka Gorgan, klub yang bermain di kompetisi Divisi 1 Iran pada saat itu.

Pada usia 15 tahun, Sardar Azmoun sempat juga bermain di tim muda Sepahan. Sepahan F.C. adalah sebuah klub sepak bola Iran yang bermain di Liga Pro Iran yang didirikan pada tahun 1953. Namun di Sepahan F.C., Azmoun tak membuat penampilan untuk klub tersebut.

Padahal Azmoun menjadi incaran oleh beberapa klub Eropa. Azmoun menjadi pemain Iran termuda yang bermain di luar negeri setelah pada tahun tersebut ia pindah ke Rubin Kazan pada usia 17 tahun. Meskipun ada ketertarikan dari Persepolis, Esteghlal, dan juga penawaran kontrak tim utama Sepahan.

Sardar Azmoun sempat juga pindah ke F.C. Rostov yang merupakan klub sepak bola Rusia berbasis di Rostov-on-Don, Oblast Rostov. Klub yang didirikan tahun 1930 ini saat ini bermain di Liga Utama Rusia. Setelah berkarir di Rostov, Azmoun kembali lagi di Rubin Kazan.

Namun, Lionel Messi dari Iran tersebut menyatakan pensiun setelah ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Penampilannya di Piala Dunia 2018 dianggap kurang memuaskan bagi masyarakat Iran dengan 0 gol. Padahal saat kualifikasi, Azmoun menyumbangkan 11 gol dalam 14 pertandingan.

Baca Juga  3 Teknik Dasar Menggiring Bola dan Cara Melakukannya

Ia tercatat sebagai pemain kelima Iran yang paling banyak mencetak gol sepanjang masa. Alasan Lionel Messi dari Iran memutuskan pensiun adalah karena ibunya yang mengalami sakit keras setelah mengetahui putranya menjadi sasaran caci maki saat membela Iran di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Related Post

Be the first to comment on "Sardar Azmoun, Lionel Messi dari Iran"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*