Asal Usul Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

Julukan Klub Liga Inggris
Asal Usul Julukan Klub Liga Inggris

Setiap klub pasti memiliki julukan yang selalu diingat penggemarnya salah satunya julukan klub sepak bola Liga Inggris. Julukan adalah nama sebuah klub sepak bola yang bukan nama asli. Julukan biasanya diambil dari ciri khas sebuah klub sepak bola tersebut.

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

Berikut ini adalah julukan klub sepak bola Liga Inggris:

1. Timnas Inggris (The Three Lions)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Three Lions

Tim nasional Inggris memiliki julukan The Three Lions yang artinya adalah tiga Singa. Timnas Inggris menggunakan julukan The Three Lions sejak tahun 1872. Binatang Singa dianggap sebagai rimba atau raja hutan karena Inggris hingga saat ini masih berbentuk kerajaan.

Berawal dari Raja Henry I yang disebut singa pertama Inggris lalu menikah dengan Adeliza dan diberi gelar “two Lions”. Penerus Raja Henry I yang bernama Raja Henry II menikah dengan keturunan raja yaitu Eleanor Of Equitane. Sejak itu dia diberi gelar The Three Lions.

2. A.F.C. Bournemouth (The Cherries)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Cherries

A.F.C. Bournemouth merupakan sebuah klub sepak bola asal Inggris yang saat ini bermain di Liga Inggris. Klub ini menggelar pertandingan kandang di Lapangan Dean Court di Kings Park, Boscombe, Bournemouth, Dorset dan sudah ada sejak tahun 1899.

Awalnya klub ini pada saat didirikan pada tahun 1890 bernama Boscombe St. John’s Institute FC tetapi dibubarkan pada tahun 1899 dan didirikan ulang pada tahun 1899 dengan nama Boscombe FC.

The Cherries merupakan julukan klub sepak bola Liga Inggris, AFC Bournemouth yang artinya buah ceri. Julukan itu diberikan karena warna jersey Bournemouth kala itu berwarna merah ceri. Bukan hanya itu saja, Kandang AFC Bournemouth yaitu Dean Court dibangun di tanah kosong yang dimiliki pengusaha keluarga, Cooper-Dean dan di tanah kosong itu juga ada perkebunan ceri.

3. Arsenal F.C. (The Gunners)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Gunners

Arsenal F.C. adalah klub sepak bola profesional Inggris yang berbasis di daerah Holloway, London. Klub ini didirikan pada 1886 dengan nama Dial Square. Arsenal merupakan tim sepak bola pertama yang memperkenalkan penggunaan angka pada jersey.

Dibangun sejak 1886, Arsenal merupakan tim yang mewakili kasta pekerja di Inggris karena dibangun oleh pekerja yang bekerja di Royal Arsenal. Royal Arsenal merupakan tempat senjata diproduksi dan disimpan untuk tentara Inggris. Woolwich Arsenal adalah nama awal Arsenal sebelum diganti.

Nama Woolwich kemudian hilang ketika klub pindah ke London Utara dari Timur Selatan London pada 1913. Julukan The Gunners sendiri muncul karena sejarah mereka yang identik dengan persenjataan karena Gunners dalam bahasa Indonesia artinya adalah persenjataan.

4. Brighton & Hove Albion F.C (The Seagulls)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Seagulls

Brighton & Hove Albion F.C. adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Inggris yang berbasis di kota pantai Brighton & Hove. Kota pantai Brighton & Hove terletak di timur Sussex. Sering disebut sebagai Brighton & Hove Albion atau hanya sekadar sebagai Brighton.

Tim ini dijuluki Seagulls yang pada bahasa Indonesia berarti burung camar. Julukan The Seagulls atau burung laut diberikan kepada klub karena lokasi mereka yang berada di pinggir pantai Brighton & Hove.

Baca Juga  Apakah yang Dimaksud Football Is Coming Home ala Timnas Inggris

Bukan hanya karena itu, Crytal Palace yang merupakan rival Brighton membanggakan simbol dan julukan Eagles yang artinya burung elang. Brighton pun tak mau kalah dan membawa Seagulls.

5. Burnley F.C (The Clarets)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Clarets

Burnley Football Club adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang bermarkas di Burnley, Lancashire. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Turf Moor yang berkapasitas 22.546 penonton.

Julukan klub sepak bola Liga Inggris, The Clarets pada Burnley memiliki arti warna merah anggur yang sudah identik dengan Burnley sejak 1888. Julukan ini diberikan karena warna merah anggur yang dominan dengan jersey kandang mereka.

Pada musim 1910/11, Burnley mengadopsi warna merah anggur dan biru dari Aston Villa. Klub ini dijadikan inspirasi oleh Burnley karena Villa merupakan klub tersukses di akhir abad 19-an dan awal 20-an.

6. Chelsea F.C. (The Pensioners)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Pensioners

Sebuah klub sepak bola Inggris yang bermarkas di Fulham, London. Chelsea didirikan pada tahun 1905 dan kini berkompetisi di Liga Inggris. Chelsea sangat identik dengan jersey biru-putih.

Saat ini Chelsea identik dengan julukan The Blues karena warna jersey mereka. Padahal julukan asli Chelsea adalah The Pensioners yang diabadikan dalam bentuk gambar di logo pertama Chelsea pada 1905. The Pensioners merujuk kepada Rumah Sakit Royal Chelsea yang merupakan tempat para veteran perang tinggal.

Pada akhir era 1950-an, logo Pensioners digantikan dengan singa. Logo singa terinspirasi dari gambar singa yang berada di baju tentara Metropolitan Borough of Chelsea. Singa juga bisa diidentifikaskan sebagai raja hutan.

7. Crystal Palace F.C. (The Eagles)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Eagles

Bermarkas di London Borough of Croydon dan didirikan pada tahun 1905. Crystal Palace memainkan pertandingan kandangnya di Selhurst Park yang berkapasitas 26.309 penonton.

The Eagles yang artinya elang pada bahasa Indonesia sangatlah terkenal sejak periode 1970-an ke atas. Emblem Crystal Palace berubah dan mulai mengenakan jersey dengan kombinasi warna merah-biru.

Bahkan, elang asli dengan membawa pita warna Crystal Palace selalu menjadi pembuka laga jika berlangsung di Selhurst Park. Crystal Palace juga dijuluki The Glazer. Julukan tersebut muncul pada 1905-1973 karena hubungannya dengan bangunan eksibisi Victorian Crsytal Palace.

8. Everton F.C. (The Toffees)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Toffees

Everton F.C. adalah sebuah klub sepak bola profesional yang bermarkas di Kota Liverpool, Inggris dan merupakan klub rival dari klub sekota Liverpool F.C. Everton didirikan pada tahun 1878.

Kisah di balik julukan klub sepak bola Liga Inggris Everton, The Toffees yang berasal dari toko toffee terkenal di Liverpool. Toko itu bernama Ye Ancient Everton Toffee House dan dikelola oleh Old Ma Bushell, satu-satunya ‘Toffee Lady’ dan pencipta Toffee Everton.

Toko ini berlokasi di dekat Prince Rupert’s Tower hingga berada di tengah emblem Everton. Namun, Everton tidak pernah bermain di distrik Everton, melainkan di Kota Liverpool.

9. Leicester City F.C. (The Foxes)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Foxes

Leicester City F.C. adalah sebuah tim sepak bola Inggris berbasis di Leicester. Stadion King Power yang berkapasitas 32.000 penonton menjadi kandang Leicester.

Baca Juga  Sardar Azmoun, Lionel Messi dari Iran

Rubah sudah menjadi simbol di daerah Leicestershire. Berawal pada abad pertengahan 18, perburuan rubah dimulai dari Leicestershire hingga akhirnya menjadi simbol kota. Leicester City pun mengadopsinya menjadi logo klub dan julukan The Foxes pada akhir 1940-an.

Leicester juga akan dikenang selamanya dengan kisah cinderella mereka kala menjuarai Premier League 2015/16. Uniknya, saat ini Leicester juga memiliki sosok fox in the box pada diri Jamie Vardy. Fox in the box dalam istilah sepak bola artinya adalah predator di dalam kotak penalti lawan.

10. Liverpool F.C. (The Reds)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Reds

Liverpool F.C. adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris yang berbasis di Kota Liverpool yang didirikan pada tahun 1892. Saat ini Liverpool bermain di Liga Inggris.

The Reds memang identik dengan warna merah jersey Liverpool sebelum era 1960-an, Liverpool pernah bermain dengan jersey biru-putih. Namun, setelah era 1960-an terus mengenakan warna merah.

Menurut manajer legendaris Liverpool, Bill Shankly bahwa warna merah bisa mengintimidasi lawan. Memang saat itu Liverpool sangat berjaya dengan cara mereka mengintimidasi lawan di masa lalu

11. Manchester City F.C. (The Citizen)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Citizen

Manchester City F.C. adalah sebuah klub sepak bola profesional dari Inggris yang bermain di Liga Inggris. Klub ini merupakaan klub sekota dengan Manchester United dan bermarkas di Stadion Etihad, Manchester.

Awalnya klub sepak bola ini masih bernama St Mark’s (West Gorton). Pada tahun 1887 berubah nama menjadi Ardwick A.F.C, dan pada tahun 1894 menjadi Manchester City F.C.

The Citizens merupakan julukan yang tersemat pada klub sepak bola Liga Inggris, Manchester City. The Citizens merupakan kepanjangan dari nama lengkap klub.

12. Manchester United F.C. (The Red Devils)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Red Devils

Manchester United F.C. adalah klub sepak bola asal Inggris yang bermarkas di Old Trafford, Manchester. Didirikan sebagai Newton Heath LYR Football Club pada tahun 1878

Pada awalnya, klub bersejarah Inggris ini bernama Newton Heath dan memiliki julukan The Heathens. Julukan The Heathens diberikan karena Man United kabarnya merupakan klub Inggris pertama yang bermain di hari Minggu.

Namun, saat nama klub berubah dan Man United mulai mengenakan jersey warna merah. Julukan klub sepak bola Liga Inggris, Manchester United berubah menjadi Red Devils. Nama yang terinspirasi julukan klub rugby asal Salford ‘Les Diables Rouges’, dan kemudian oleh Sir Matt Busby diadopsi sebagai julukan klub pada era 1960-an.

13. Swansea City A.F.C. (The Jacks)

Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris

The Jacks

Didirikan pada tahun 1912. Swansea City A.F.C. berbasis di Swansea. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Liberty yang berkapasitas 20.532 penonton. Jersey Swansea City identik berwarna putih.

Swansea City memiliki julukan The Swans dari nama klub yang dalam bahasa Indonesia berarti angsa. Cryil the Swan sudah menjadi maskot terkenal Swansea di sepak bola Inggris. Sebenarnya julukan Swansea bukan cuma The Swans, melainkan The Jacks.

Julukan The Jacks merujuk kepada penghargaan untuk pelaut di abad 19 bernama Jack Tars lalu yang penghargaan untuk anjing bernama Swansea Jack karena jasanya telah menyelamatkan 27 orang di lautan pada tahun 1930-an.

Related Post

Be the first to comment on "Asal Usul Julukan Klub Sepak Bola Liga Inggris"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*