Gol Tangan Tuhan Diego Maradona di Piala Dunia 1986

Diego Maradona
Gol Tangan Tuhan Diego Maradona di Piala Dunia 1986

Diego Armando Maradona adalah seorang mantan pesepak bola legendaris Argentina. Diego Maradona sempat menjadi pelatih tim nasional Argentina mulai November 2008 sampai Juli 2010. Untuk timnas Argentina, Diego Maradona telah tampil sebanyak 91 kali dan mencetak 34 gol.

Gol Tangan Tuhan Diego Maradona

Diego Maradona

Diego Maradona Goal

Perempat Final Piala Dunia 1986 mempertemukan tim nasional Argentina melawan tim nasional Inggris. Maradona berhasil mencetak 2 goal pada waktu itu. Skor kedua tim berakhir 2-1 untuk kemenangan Argentina. Namun gol Maradona menimbulkan kontroversi yang hingga saat ini dikenang, yaitu gol tangan tuhannya ke gawang timnas Inggris.

Semua itu berawal dari Maradona saat melakukan penetrasi ke gawang timnas Inggris, melewati Glenn Hoddle dan para pemain timnas Inggris lain. Saat berada di depan kotak penalti timnas Inggris, ia kemudian bermaksud melakukan wall-pass dengan Jorge Valdano namun ia kurang sempurna dalam mengontrol bola. Steve Hodge yang berada di dekatnya kemudian mencoba membuang bola yang mengarah ke dalam kotak penaltinya sendiri.

Maradona dan Peter Shilton lalu berusaha mendapatkan bola tersebut. Maradona lalu meninju bola dengan tangannya. Bola masuk ke dalam gawang Inggris. Laga yang dipimpin Ali bin Nasser menganggap sebagai sebuah gol di Stadion Azteca, Mexico.

Maradona mengatakan bahwa Tuhan ikut campur dalam golnya tersebut. Contohnya Ali bin Nasser dan Bogdan Dotchev saling menyalahkan, pemain timnas Inggris melakukan protes bukan karena Maradona handball melainkan karena berada dalam posisi offside.

 

Related Post

Be the first to comment on "Gol Tangan Tuhan Diego Maradona di Piala Dunia 1986"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*