Asal Mula Persebaya Dijuluki Bajul Ijo

Bajul Ijo
Asal Mula Persebaya Dijuluki Bajul Ijo

Berdiri pada 18 Juni 2017 dengan nama Soerabaiasche Indische Voetbal Bond (SIVB) dijuluki bajul ijo. Salah satu klub sepak bola Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Bahkan sempat di bekukan oleh PSSI dan disahkan kembali oleh PSSI sebagai anggota di kongres tahunan PSSI bandung 8 januari 2017.

Bajul Ijo

Bajul Ijo

Persebaya Bajul Ijo

Lahir di Kota Surabaya membuat Persebaya dikenal dengan julukan bajul ijo. Persebaya Surabaya adalah sebuah klub sepak bola yang berbasis di Kota Surabaya dan didukung oleh suporter yang bernama bonek mania.

Seperti yang diketahui, nama Surabaya merupakan perpaduan dari dua hewan yaitu Suro (hiu) dan Boyo (Buaya). Suro yang merupakan wilayah perairan dan Boyo adalah daratan.

Suro disimbolkan dengan datangnya pasukan tar-tar yang merupakan pasukan kerajaan Mongolia menyerang Ujung Galuh awal mula Kota Surabaya dahulu daerah kekuasaan kerajaan Majapahit. Saat itu kerajaan Majapahit dibawah kendali Raden Wijaya.

Boyo disimbolkan dengan keberanian menentang pasukan tar-tar memasuki wilayahnya. Akibatnya terjadi pertempuran besar antara pasukan tar-tar dari perairan dan bala prajurit kerajaan Majapahit.

Bahkan ada sebuah dongeng yang berisi bahwa dahulu sering terjadi perkelahian antara Suro (ikan hiu) dengan Boyo (buaya). Mereka berkelahi hanya karena berebut mangsa. Sudah berkali-kali mereka berkelahi belum pernah ada yang menang atau pun yang kalah.

Hingga mereka mengadakan perjanjian membagi kekuasaan. Namun lagi-lagi Suro (ikan hiu) dan Boyo (buaya) terjadi lagi. Mereka terus bertarung mati-matian tanpa istirahat sama sekali. Baya (buaya) mendapat gigitan Sura (ikan hiu) di pangkal ekornya sebelah kanan. Selanjutnya, ekornya itu terpaksa selalu membengkok kekiri. Sementara Sura (ikan hiu) juga tergigit ekornya hingga hampir putus, lalu Sura (ikan hiu) kembali ke lautan.

Baca Juga  Anjing Pickles Penemu Trofi Jules Rimet

Lambang Kota Surabaya diambil dari Suro (ikan hiu) dan Boyo (buaya) yang saling menggigit. Logo Persebaya dari dulu saat bernama Soerabhaiasche Indonesische Voetball Bond (SIVB) hingga sekarang juga bergambar Suro dan Boyo.

Julukan bajul ijo tersemat sebagai julukan klub kebanggaan Surabaya tersebut. Arti dari julukan bajul yang mengandung makna sebagai keberanian menentang datangnya pasukan tar-tar dari perairan. Sedangkan ijo merupakan bahasa jawa yang mengandung arti warna hijau.

Warna hijau sendiri identik dengan buaya yang berwarna hijau ataupun juga warna yang dominan menjadi ciri khas Persebaya. Jersey home Persebaya berwarna hijau yang menunjukkan keberanian menaklukkan semua lawannya.

 

Related Post

Be the first to comment on "Asal Mula Persebaya Dijuluki Bajul Ijo"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*